Menyentakkan, Pemulung Botol Pelastik Ini Serahkan Hewan Qurban Senilai Belasan Juta

0
66

Mataram, Bencingahnews.com-Kedermawanan dan empati sosial seorang pemulung bekas botol dan gelas pelastik di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Inaq Sahnun (60) ini patut diteladani. Pasalnya kedermawanan pemulung yang satu ini menyentakkan banyak orang. Meski seorang pemulung dengan penghasilan tidak lebih dari Rp15 ribu per hari justru mampu berqurban satu ekor sapi seharga Rp12,5 juta pada Hari Raya Qurban 1440 H tahun ini.

“Saya menabung selama lima tahun berturut-turut untuk mewujudkan niat saya untuk  bisa berqurban 1 ekor sapi pada lebaran qurban tahun ini,” kata Inaq Sahnun kepada Bencingahnews.com yang ditemui selepas penyerahan hewan qurban untuk  disembelih di Majlis Taqlim Karang Jangkong, Kelurahan Cakra Barat, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Minggu (11/8).

Ny. Salmi pengurus Majlis Taqlim Karang Jangkong membenarkan jika Inaq Sahnun secara  rutin menitipkan uang hasil penjualan botol pelastiknya setiap minggu di Majelis Taqlimnya dengan niatan untuk bisa berqurban tahun 2019 ini.

“Sebelum jadi pemulung sejak dua tahun lalu, Inaq Sahnun pernah tinggal bersama keluarga kami selama  15 tahun sebagai pengasuh kedua anak saya. Meski temperamennya agak keras, namun sesungguhnya dia penyayang terhadap anak-anak. Dan sungguh hatinya mulya dengan berqurban satu ekor sapi tahun ini. Ini menjadi peringatan keras bagi kita  semua yang memang lebih berada dari Inaq sahnun,” kata Salmi.

Kepala Lingkungan (Kaling) Karang Jangkong H Najamudin mengaku sangat takjub atas kemuliaan dan kebersihan hati Inaq Sahnun. Dengan tekad yang kuat menabung sedikit-demi sedikit niatannya hanya satu untuk bisa berbagi dengan cara berqurban satu ekor sapi.

“Inaq Sahnun aslinya dari Dusun Pengonong, Desa Selat, Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Kehidupan sehari-harinya terlantar, karena tak punya tempat tinggal. Alhamdulillah sekarang sudah diberikan tempat untuk beristirahat sekaligus sebagai penjaga warung makan di depan Mataram Mall. Dulunya Inaq Sahnun biasa tidur di kuburan ummat Hindu Mataram yang banyak berseliweran ular besar ataupun biawak,” kata Najamudin.

Najamudin juga mengiyakan, jika Inaq Sahnun akan diberangkatkan umrah ke tanah suci Makkah oleh salah satu travel haji umrah di Mataram.

“Insya Alloh bulan Nopember Inaq Sahnun akan berangkat. Mudah-mudahan dalam perjalanan ibadahnya mendapatkan keselamatan. Tapi saya kira nanti saat umrah bisa didampingi,” kata Najamudin. (hern)

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here